Senin, 10 Desember 2018

Alasan Investasi Emas Itu Menguntungkan

Alasan Investasi Emas Itu Menguntungkan

Investasi adalah istilah yang berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan. Kepentingan untuk berinvestasi akan semakin tinggi bagi orang-orang yang hidupnya cenderung bergantung pada gaji bulanan. Bahkan, orang kaya sekalipun masih butuh berinvestasi guna melindungi aset miliknya dari kemungkinan penurunan akibat terjadinya inflasi.

Investasi juga merupakan bentuk perencanaan finansial, tanpa perencanaan yang baik maka seseorang akan sulit memenuhi kebutuhan hidupnya. Apalagi setiap orang tentu memiliki berbagai tujuan keuangan yang ingin dicapai, misal membeli rumah, kendaraan, travelling, bahkan membayar uang pendidikan anak bagi mereka yang telah berkeluarga. Hal tersebut membuat investasi begitu penting dan menjadi salah satu solusi untuk mencapai tujuan keuangan.

1. Harga Emas Cenderung Terus Naik

Lain hal dengan investasi saham yang bersifat fluktuatif dan berisiko tinggi, harga emas cenderung naik setiap tahunnya. bahkan diketahui harga emas telah meningkat sebanyak 18% pada januari 2016 hingga Agustus 2016. Emas sangat cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang karena harga emas ditentukan oleh nilai dari emas itu sendiri dan harga pasar internasional.

2. Mudah Dicairkan

Ketika seseorang menjual emas untuk mendapatkan uang tunai akan lebih cepat karena emas memiliki likuiditas tinggi. Hal ini membedakan investasi emas dengan instrumen investasi lainnya. Bagi investor, likuiditas emas yang tinggi akan memudahkan bisnis ketika tetiba harus membutuhkan uang tunai darurat.

3. Mudah Dipindahkan

Dibanding emas, uang tunai memiliki volume yang lebih besar. hal ini akan menyulitkan kamu ketika harus memindahkannya. Selain memiliki volume yang lebih kecil dari uang tunai, bentuk emas juga dapat diubah tanpa mempengaruhi nilai emas itu sendiri. Misal, ketika kamu memiliki emas batangan kamu dapat mengubahnya menjadi perhiasan tanpa mengurangi nilainya. Selain itu, tentunya memindahkan emas jauh lebih mudah dibanding memindahkan uang tunai ratusan juta rupiah.

4. Rendah Resiko

Berinvestasi uang di bank akan dikenakan biaya-biaya lain seperti biaya administrasi atau biaya perpindahan uang antar bank lain. Secara perlahan biaya tambahan ini tentunya akan mengikis uang simpanan di bank. Hal ini tidak akan terjadi ketika berinvestasi emas.

0 komentar:

Posting Komentar