Selasa, 24 Juli 2018

Perhatikan Spooring dan Balancing Pada Mobil

Perhatikan Spooring dan Balancing Pada Mobil

Ban merupakan komponen di kendaraan yang memiliki peran penting. Pasalnya, si karet bundar ini merupakan satu-satunya yang bersentuhan langsung dengan aspal atau jalanan. Mengingat perannya yang tidak bisa dipandang remeh ini, melakukan perawatan secara berkala atau rutin merupakan sebuah kewajiban.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat ban di mobil kesayangan adalah dengan melakukan spooring dan balancing.

Dijelaskan Gunawan Manager Operasional Carfix Indonesia, spooring bertujuan agar posisi roda tetap lurus yang memengaruhi posisi setir juga.

"Spooring juga agar ban habisnya rata, tidak makan samping. Karena jika posisi ban tidak lurus, dan beda satu derajat umur ban berkurang tujuh persen, dan seterusnya," jelas Gunawan

Lanjutnya, dengan menyetel ban (wheel alignment), untuk menyelaraskan antara roda bagian kanan dan kiri juga sangat berguna untuk penggunaan sehari-hari. Dengan kondisi jalan di Indonesia yang tidak begitu bagus, dan banyak terdapat lubang, maka mencegah ban rusak.

"Ban mobil disetel tujuannya agar kena lubang tidak rusak, dan hanya setelan yang berubah dan bisa disetel lagi. Untuk waktunya, saat spooring dan balancing saat melakukan pergantian kaki-kaki atau saat mengganti ban. Jika dilihat dari intervalnya, biasanya 10 ribu km," pungkas Gunawan.

0 komentar:

Posting Komentar