Jumat, 21 Februari 2020

Strategi Persaingan Provider Internet di Indonesia


Strategi Persaingan Provider Internet di Indonesia

Setiap provider di Indonesia pasti memiliki taktik strategi persaingan yang diterapkan oleh perusahaan telekomunikasi tersebut. Strategi yang diterapkan oleh perusahaan akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan yang ada di Indonesia. Berikut strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan telekomunikasi di Indonesia.

1.       Disiplin Nilai
Kepercayaan dan dukungan dari para penggunanya sangat dibutuhkan oleh para perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Tanpa adanya dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh para pelanggan, mustahil perusahaan tersebut bisa berkembang sedemikian rupa.

Kunci utama agar provider mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari penggunanya adalah dengan memberikan layanan terbaik dan berkualitas premium. Provider – perovider terkemuka di Indonesia telah memberikan layanan terbaik untuk seluruh pelanggannya dari Sabang sampai Merauke.

Kualitas pelayanan dari setiap provider pun berbeda – beda. Sebagai contoh, Telkomsel sudah mengembangkan budaya baru yang bertajuk The Telkomsel Way. The Telkomsel Way bertindak sebagai sistem yang terdiri dari tiga lapisan nilai yakni Filsafat menjadi yang terbaik, prinsip menjadi bintang, dan praktek menjadi pemenang.

Pada dasarnya, penerapan prinsip tersebut tidak hanya terbatas pada Telkomsel saja. Provider di indonesia lainnya juga menerapkan berbagai macam strategi dan juga taktik pemasaran yang tidak kalah kerennya. Semua usaha untuk memajukan perusahaan telekomunikasi tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh strategi yang bagus saja, tetapi juga kepercayaan dan dukungan yang senantiasa diberikan oleh penggunanya.

2.       Standar Produk
Jika dulu produk dari perusahaan telekomunikasi sangatlah monoton dan membosankan, kini produk – produk yang dihasilkan telah berkembang luas dan pesat mengikuti arus perkembangan zaman dan teknologi.

Guna menjamin kualitas produk tersebut, perusahaan telekomunikasi seluler telah memiliki standar kualitas yang mengacu pada standar internasional perusahaan. Adanya standar kualitas dinilai memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada pelayanan yang diberikan kepada para pengguna.

Berkomunikasi membutuhkan jaringan yang bagus dan memadai, maka dari itulah perusahaan – perusahaan komunikasi terus memberikan yang terbaik untuk para penggunanya. Dengan adanya standarisasi produk dan layanan pada sebuah perusahaan, provider mampu memberikan dan menjamin produk yang mereka berikan memiliki kualitas premium dan bertaraf internasional.

3.       Kompetensi Manajemen
Peran sumber daya manusia dalam keberlangsungan suatu perusahaan dianggap cukup essensial dan berdampak besar. Maka dari itu, perusahaan telekomunikasi terus berupaya memberikan pelayanan yang berkualitas baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Usaha ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.
Perusahaan telekomunikasi tidak segan untuk berinvestasi lebih banyak pada pengembangan sumber daya manusia. Hal ini lumrah terjadi mengingat karyawan adalah aset utama dari sebuah perusahaan. Tanpa adanya sumber daya manusia yang kompeten, mustahil untuk perusahaan tersebut dapat berkembang dengan baik.

Hingga kini, perusahaan telekomunikasi terus berusaha meluncurkan progam – progam terbaiknya guna mendukung perkembangan sumber daya manusia yang ada dalam sebuah perusahaan. 

Sebagian besar perusahaan telekomunikasi Indonesia meningkatkan kinerja karyawannya dengan cara mengadakan pelatihan resmi yang digelar setiap beberapa bulan sekali. Progam ini dinilai efektif untuk mengembangkan kemampuan dari para karyawannya.

Tidak dapat dipungkiri, sumber daya manusia adalah aspek utama yang membuat perusahaan tersebut dapat berkembang dengan pesat.  Perusahaan tidak akan dapat berkembang jika hanya mengandalkan nama dan produk saja, diperlukan sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas untuk menunjang layanan dari perusahaan tersebut.

Demikian lah strategi persaingan yang diterapkan oleh provider di Indonesia . Kunci utama dari persaingan provider yang ada di Indonesia adalah sumber saya manusianya. Meningkatkan kualitas dan perluasan jaringan adalah strategi terbaik yang dilakukan oleh provider – provider tanah air.

0 komentar:

Posting Komentar