Jumat, 15 Mei 2020

Mengenal Christophe Piganiol dan Peranannya Terhadap Sektor Kesehatan di Indonesia


Mengenal Christophe Piganiol dan Peranannya Terhadap Sektor Kesehatan di Indonesia

Bagi Mahasiwa tentunya tidak asing lagi dengan sosok inspiratif yang satu ini. Christophe merupakan Direktur dari PT. Anugerah Pharmindo Lestari, perusahaan yang bergerak di bidang obat obatan di Indonesia. Sebelumnya, Christophe merupakan CEO dari CEO Zuellig Pharma Korea. Kehadirannya memberikan peranan penting bagi sektor kesehatan di Indonesia. Agar lebih mengenai lebih dekat sosok Christophe Piganiol, yuk simak ulasan berikut ini.

Mengenal Christophe Sebagai Direktur PT. Anugerah Pharmindo Lestari
Christophe sendiri berasal dari Prancis. Sebelum menjadi direktur PT. Anugerah Pharmindo Lestari, Christophe merupakan mantan CEO Zuellig Pharma Korea. Karena ketekunan yang dimiliki, beliau berhasil menjadikan Zuellig Pharma sebagai salah satu distributor obat yang terbesar. PT. Anugerah Pharmindo Lestari, merupakan bagian dari Zuellig Pharma.

Sedangkan Zuellig Pharma merupakan bagian dari Zuellig Group. Lebih jelasnya, Zuellig Group merupakan perusaan yang pertama kali dibangun oleh keluarga Zuellig di Swiss. Selanjutnya mereka merintis usahanya di Asia pada tahun 1850. Sejak awal didirikan, Zuellig berfokus pada bidang obat obatan dan akhirnya mulai berkembang pesat dan memiliki banyak bisnis.

Dibangunnya markas Zuellig di Singapura menjadi salah satu awal langkah Zuellig Group yang semakin berkembang ke berbagai bidang. Selanjutnya, Zuellig Group juga membuka anak cabang yang berada di Korea yang diberi nama Zuellig Pharma Korea yang dipimpin oleh Christophe Piganiol. Selama memimpin Zuellig Pharma Korea, Christophe memiliki peranan yang sangat besar terhadap kemajuan perusahaan ini.

Selanjutnya, pada tahun 2018, beliau berpindah jabatan menjadi Direktur PT. Anugerah Pharmindo Lestari. APL dibangun sejak 1 April 1985. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor perkembangan PT Anugerah Pharmindo Lestari di Indonesia, sehingga menjadi penguasa di bidang distributor obat dan menyuplai rumah sakit dan apotek yang ada di seluruh Indonesia.

Kedatangan Christophe di APL, sebagai presiden direktur membawa sebuah misi baru bagi gerak perusahaan ini. Adapun misi yang dipelopori oleh Christophe yaitu peningkatan kepedulian perusahaan terhadap perkembangan medis yang ada di Indonesia. Menurutnya, misi ini dinilai akan memberikan dampak positif bagi perusahaan, terutama keberadaannya sebagai perusahaan obat terbesar di Indonesia.

Peranan Christophe di  Sektor Kesehatan Indonesia
Kehadiran Christophe menjadi angin segar bagi anak muda Indonesia terutama mereka yang mengambil jurusan sebagai apoteker. Christophe Piganiol mendukung adanya program pengembangan kesehatan hingga melakukan kerja sama dengan beberapa universitas yang ada di Indonesia. Adapun program yang diberikan berupa pemberian beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi Jurusan Farmasi di Universitas Indonesia.  

Hal ini merupakan bentuk kontribusi perusahaan terhadap pengembangan sistem perawatan kesehatan di Indonesia. Dari seleksi yang diikuti oleh mahasiswa sebanyak 5.567, tersaring 7 orang mahasiswa yang mendapatkan program beasiswa dari APL. Mahasiswa tersebut berasal Undip , IPB, UGM, UI dan  Untar. Kelanjutan dari program ini merupakan salah satu dari program pembinaan bakat.

Selain itu, beliau juga mengadakan program untuk memperkuat keterlibatan masyarakat di sektor kesehatan melalui PT. Anugerah Pharmindo Lestari. Mahasiswa yang beruntung dapat menjalani program Management Trainee dan program magang di perusahaan PT. Anugerah Pharmindo Lestari. Sebagaimana pada tahun 2019 lalu, APL menyambut 52 siswa dari profesi apoteker ITB yang akan melakukan magang di perusahaan ini.

Mahasiswa yang berkesempatan melakukan magang, akan belajar di perusahaan ini selama 2 minggu. Fokus mereka yaitu pada manajemen rantai pasokan, terutama fasilitas rantai dingin. Dengan adanya dukungan program ini, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman selama belajar di APL dan nantinya dapat menyediakan produk perawatan kesehatan yang berkualitas tinggi.

Keberhasilan APL sebagai penguasa distributor obat di Indonesia yang dipimpinan Christophe Piganiol, tidak terlepas dari kemampuannya dalam beradaptasi dan memenuhi permintaan pasar dengan baik. Selain itu, sistem tersebut juga dilakukan secara terus menerus dengan menggandeng anak muda untuk turut berkontribusi di bidang penyediaan obat.

Melihat dari program yang diberikan oleh PT Anugerah Pharmindo Lestari yang dipimpin oleh Cristophe, maka tidak heran jika perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan dengan prediket terbaik sebagai tempat bekerja dan mengambil pengalaman. Christophe meyakini jika program ini harus dilakukan berkelanjutan untuk mencapai tujuan APL dan berkontribusi penuh terhadap perkembangan sistem perawatan kesehatan di Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar