Minggu, 07 Juni 2020

Melindungi Diri dengan Mengikuti Asuransi Jiwa Berbasis Syariah


Melindungi Diri dengan Mengikuti Asuransi Jiwa Berbasis Syariah

Asuransi Jiwa Syariah saat ini menjadi produk perbankan yang banyak diminati masyarakat muslim di Indonesia. Produk ini dianggap sebagai solusi yang cerdas bagi kaum muslim yang ingin melakukan proteksi diri melalui asuransi jiwa tetapi sesuai ketentuan Islam. Salah satu perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi Syariah adalah Allianz. Apa saja produk yang ditawarkan asuransi jiwa berbasis syariah di Allianz? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pilihan Produk Asuransi Jiwa Berbasis Syariah di Allianz
Terdapat 2 jenis asuransi jiwa yang ditawarkan oleh Allianz untuk masyarakat di Indonesia.Asuransi jiwa ini akan memberikan banyak manfaat baik pada peserta maupun keluarga peserta. Biasanya, jenis produk asuransi jiwa baru bisa diklaim ketika peserta meninggal dunia. Berikut ulasan singkatnya!

1.     Allisya Protection Plus
Allisya protection plus merupakan jenis asuransi jiwa yang lengkap, adil, tenang, fleksibel dan ringan. Asuransi ini memiliki batas maksimum perlindungan hingga peserta berusia 100 tahun. Dana yang sudah dibayarkan setiap periode tagihan tidak hanya bisa diklaim saat meninggal dunia saja, tetapi dapat dicairkan juga ketika menderita penyakit tertentu (sesuai ketentuan perusahaan)

Syarat untuk menjadi peserta allisya protection plus adalah:
·         Calon peserta sudah berumur 1 bulan hingga 70 tahun.
·         Mengisi form pengajuan asuransi jiwa dengan benar
·         Fotocopy KTP atau KTA/KK (untuk anak usia dibawah 17 tahun)

2.     Allisya Maxi Fund Plus
Produk lengkap dari asuransi jiwa berbasis syariah dari Allianz adalah allisya maxi fund plus. Produk ini merupakan asuransi jiwa unit linked berbasis syariah dengan tambahan dana investasi yang fluktuatif. Manfaat dari produk ini seperti:

·         Kegunaan asuransi
Dana yang dapat dicairkan sebesar jumlah yang sudah ditulis peserta saat pertama kali mendaftar ditambah dengan nilai investasi yang diperoleh dan dikurangi biaya administrasi yang dibebankan.
·         Kegunaan  investasi
Besaran dana yang tercantum pada polis dapat dicairkan jika polis dinyatakan batal tetapi masih ada nilai investasinya dan peserta melakukan penarikan untuk seluruh maupun sebagian dana.
·         Kegunaan akhir kontrak
Asuransi jiwa akan dicairkan seluruhnya beserta nilai investasi yang sudah diperoleh jika peserta telah menyelesaikan pembayaran premi dan masih hidup.

Biaya administrasi atau ujrah yang dibebankan kepada peserta meliputi kontribusi keikutsertaan polis, iuran setiap bulan, ujrah administrasi 10 ribu rupiah/bulan, ujrah pengalihan (jika melakukan pengalihan lebih dari 6 kali dalam setahun), biaya pemeliharaan dan akuisisi, dan ujrah pengelolaan investasi sebesar 1% hingga 2%.

Jika ingin mengajukan klaim karena meninggal, maka harus dilakukan sesuai prosedur yakni dimulai dari membawa berkas yang dibutuhkan (polis asli, surat kematian hingga dokumen mendukung), diserahkan kepada kantor asuransi maksimal 60 hari sejak tanggal resiko, penerimaan dana asuransi maksimal 14 hari kerja setelah dokumen masuk.

Berbagai produk asuransi jiwa berbasis syariah yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi telah diawasi oleh lembaga berwenang sehingga peserta tidak perlu khawatir jika dananya hilang. Pastikan untuk memilih jenis produk asuransi jiwa sesuai dengan kemampuan finansial agar dapat membayar premi tepat waktu.


0 komentar:

Posting Komentar