Minggu, 27 September 2020

Daftar Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera

Berburu kuliner khas suatu daerah adalah salah satu tujuan utama dari berlibur. Terlebih lagi Indonesia dengan beragam adat budaya yang dimiliki, secara tidak langsung juga memiliki keberagaman kuliner yang harus dicoba. Termasuk Lombok, kawasan wisata yang mulai banyak dikunjungi dunia ini juga memiliki makanan khas yang tak boleh dilewatkan. Jika Anda selama ini sering mendengar Ayam Taliwang, maka kami rekomendasikan menu khas Lombok lainnya. Dibawah ini beberapa menu makanan khas Lombok yang menggugah selera dan patut dicoba.

1.   Kelaq Batih

Kuliner Lombok

Sumber : https://tempatwisataindonesia.id/wp-content/uploads/2017/08/sayur_lebui.jpg

Menu makanan khas Lombok ini sedikit jarang ditemui namun rasanya benar-benar khas. Bahan utama Kelaq Batih adalah sup kacang merah yang dimasak bersama daun singkong dan rempah-rempah komplit. Masakan ini memiliki rasa yang unik karena air sup yang dimasak bukan air biasa, melainkan air kelapa muda. Paling nikmat disajikan bersama nasi putih hangat. Meskipun butuh perjuangan untuk menemukan restoran yang masih menyediakan menu ini, Anda tidak akan kecewa dengan rasanya. Menu khas Lombok lain yang hampir sama dengan Kelaq Batih adalah Kelaq Lebui dan Kelaq Sebie.

2.   Plecing Kangkung

Sumber: https://asset.kompas.com/crops/Kmr_LXcngpb7DXjU-4L6I1OEzYU=/0x0:1000x667/750x500/data/photo/2020/04/21/5e9e76e1b1626.jpg

Makanan paling populer dari Lombok adalah Plecing Kangkung. Jika Anda mencoba makanan ini asli di Lombok, Anda akan melihat kangkung yang digunakan memiliki bentuk yang lebih besar daripada kangkung biasanya karena kangkung jenis ini khas tumbuh di Lombok. Kangkung tersebut direbus lalu disantap bersama rebusan tauge, sambal tomat, dan terasi. Jangan lupa dengan taburan kacang tanah goreng yang akan membuat rasanya semakin mantap. Nah, kalau menu yang satu ini masih banyak dihidangkan banyak rumah makan ya.

3.   Sate Bulayak

Sumber : https://lombokbaratkab.go.id/wp-content/uploads/2015/08/sate-lombok.jpg

Lombok juga punya sate lho, namanya Sate Bulayak. Sate yang berasal dari daging sapi ini disantap bersama saus kacang halus yang dimasak bersama santan kental sehingga teksturnya mirip dengan kuah kari. Bedanya, saus kacang ini memiliki bumbu khas dan yang paling kentara rasanya adalah dari kemiri. Lebih unik lagi karena lontong yang menjadi pendamping sate dibungkus memanjang menggunakan daun aren. Kombinasi inilah yang akan membuat Anda selalu mengingat Lombok.

4.   Nasi Puyung

Sumber : https://cdn2.tstatic.net/travel/foto/bank/images/nasi-puyung-lombok.jpg

Para pecinta makanan pedas harus mencoba menu khas Lombok satu ini, yaitu Nasi Puyung. Nasi yang berasal dari daerah Puyung di Lombok ini merupakan nasi putih dengan berbagai macam lauk. Lauk wajib yang digunakan adalah kacang kedelai goreng, kentang kriuk, ayam suwir, dan telur rebus berbumbu asin yang khas. Semua itu disantap bersama sambal khas Lombok, yaitu sambal yang berasal dari Suku Sasak. Selera pedas Anda dijamin akan terpuaskan dengan menu ini.

5.   Sate Tanjung

Sumber : https://asset.kompas.com/crop/0x53:1000x553/780x390/data/photo/2017/04/29/2814758846.jpg

Makanan pedas lain yang berasal dari Lombok adalah Sate Tanjung. Tidak hanya pedas, sate yang terbuat dari daging ikan ini juga memiliki rasa manis. Rasa unik ini tentu saja datang dari daging ikan yang segar dan dimasak dengan bumbu khusus. Biasanya, menu ini menjadi pendamping Plecing Kangkung dan lontong. Tips terpenting dari menu ini adalah Sate Tanjung tidak dinikmati bersama saus apapun agar rasa daging ikannya tidak hilang. Meskipun begitu, disantap bersama saus kacang pun juga nikmat.

Berbagai makanan di atas akan memanjakan lidah Anda dengan citarasa unik dan ‘sangat’ Indonesia. Dijamin rasa khas Lombok akan menjadi momen yang tak terlupakan. Berlibur tidak hanya sekedar menikmati jajanan khas daerah tertentu, namun juga membangun kenangan yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Sebelum berkunjung ke Lombok, ketahui lebih dalam tentang wisata di sana dengan mengunjungi Wonderful Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar